Memilih Penghapus Untuk Ujian

Penghapus untuk ujian

  • Jangan menggunakan penghapus karet (penghapus yang berwarna merah) karena penghapus ini cenderung mengikis permukaan kertas sehingga bila sering digunakan dikhawatirkan dapat melubangi kertas.
  • Pilihlah Penghapus yang LEMBUT agar tidak merusak
    permukaan kertas.
  • Penghapus biasa meninggalkan debu/kotoran pada
    kertas sehingga dapat menganggu proses SCANNING.
  • Pilihlah Penghapus Khusus untuk Ujian yang dipastikan tidak meninggalkan kotoran pada kertas, karena debu/kotoran yang tertinggal dapat mengganggu proses SCANNING.

Source: http://www.faber-castell.co.id

Memilih pensil yang baik untuk Ujian

  • Jangan membeli pensil yang isinya miring karena pensil dengan isi miring dapat dipastikan pensil mudah patah saat digunakan,pilihlah pensil dengan Leads tepat di tengah.
  • Jangan membeli pensil dengan isi pensil yang merosot keluar dari pensil, pensil dengan isi yang merosot dapat dipastikan akan mudah patah saat digunakan.
  • Pilihlah pensil dengan isi pensil yang besar, Isi pensil yang besar membuat pensil tidak mudah patah selain itu pensil dengan isi yang besar akan mempercepat proses melingkari jawaban.
  • Pilihlah pensil dengan isi pensil yang lebih berkilau, isi pensil yang lebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner.
  • Gunakan Pensil 2B – For Computer yg telah lulus test OMR Test / Scan Test.
  • ensil yang telah lulus OMR Test dapat dipastikan bahwa isi pensil yang digunakan memiliki pencampuran yang sempurna sehingga dari ujung awal sampai akhir pensil memiliki grade yang sama yaitu 2B dan dapat dibaca oleh mesin scanner.
  • Pensil mekanik memiliki lead yang lebih keras dan dapat mengakibatkan Lembar Jawaban sobek dan bergelombang.
  • Arsirlah jawaban sesuai pada bidang lingkaran yang disediakan, anda bisa menggunakan bantuan penggaris khusus ujian untuk mengarsir jawaban dengan rapi.

Artikel diambil dari website resmi Faber-Castell

Bedain Pensil Asli dan Palsu!!!

Guys, banyak banget kan diluaran sana produk2 atau merek terkenal itu yang dipalsuin!! Ato kalian pernah tertipu beli barang yg ternyata itu palsu? Ini tips kalo menurut gue sih ok banget. gue juga baru tau ternyata pensil buat ujian aja dipalsuin juga lohh. gilaa. andai pas ujian kita pake pensil yang palsu gimana tuhh? bisa kemungkinan besar gk lulus nihh, gara2 pensilnya ntu gak kebaca sama mesin komputer. gak mau dunk ujian na gak lulus cuma karena beli pensil yang palsu? dah cape2 belajar eh ternyata gk lulus. Nah biar gak pada gk salah nih waktu beli pensil ujian, coba nih tips untuk bedain mana pensil yang asli dan palsu biar gak salah.

Tipsnya gue ambil dari website resmi nya faber castle, soalna gue pernah liat ada tips utk bedain pensil asli dan palsu. semoga sih tipsna bisa bantu. klo mau lebih lengkap sih bisa langsung ke web na aja http://faber-castell.co.id/53854/Berita/Topik/Castell-9000-ASLI-dan-PALSU/default_news.aspx

1. Diameter Leads

Pensil Castell 9000 2B ASLI diameter leads paling besar (2,8 mm)

Pensil Castell 9000 2B PALSU diamater leads lebih kecil

2. Warna Kayu

Pensil Castell 9000 2B ASLI warna kayu lebih terang

Pensil Castell 9000 2B PALSU kayu berwarna merah

3. Aroma

Pensil Castell 9000 2B ASLI beraroma khas kayu

Pensil Castell 9000 2B PALSU memiliki aroma yang menyengat

4. Pengecatan

Pensil Castell 9000 2B ASLI memiliki cat warna gold yang rapih di ujung pensil

Pensil Castell 9000 2B PALSU memiliki cat yang tidak rapi

Pensil yg baik(edited)

Cara Mengisi LJK (Lembar Jawaban Komputer) dengan benar

Buat anak-anak sekolah SD, SMP, SMA, pokoknya semuanya deh.. Mau tau nggak cara pengisian LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang dgunakan pas ujian biar kalian gak salah waktu mengisinya?

Digital Camera

  1. Pastikan pensil yang kamu gunakan adalah pensil 2B. Banyak merek yang biasa mempunyai standar 2B khusus untuk ujian, misalnya Faber-Castell.
  1. Siapkan juga mistar, penghapus dan juga papan untuk meletakkan lembaran jawaban. Sebaiknya jangan bawa pulpen, untuk mengurangi resiko kesalahan pengisian LJUN dengan pulpen. Nah, waktu mengisi daftar hadir silakan pinjam pulpen pengawas.
  1. Sebelum melakukan pengisian, bacalah dulu baik-baik petunjuk pengisiannya
  1. Runcingkan pensil. Jangan sampai terlalu tajam, pastikan ketajaman sesuai dengan kebutuhan. Jika terlalu tajam akan merusakan LJUN.
  1. Isilah kotak petunjuk, kemudian baru mulai menghitamkan bulatan yang ada di bawahnya.
  1. Cara menghitamkan bulatan. Mulailah dari titik tengah bulatan, bukan dari luar, kemudian diputar hingga batas lingkaran (jangan sampai melewati lingkaran)
  1. Jika ternyata kurang hitam, runcingkan pensil dan ulangi langkah ke 6 hingga lingkaran benar-benar hitam karena dalam pengisian LJK tingkat kehitamanlah yang paling utama. Pastikan benar-benar hitam untuk menghindari kesalahan saat pembacaan LJUN pada mesin OCR/OMR.
  1. Jangan mengotori atau mencoret-coret lembaran karena sangat berpengaruh sekali pada analisa LJK.
  1. Sertakan tanda tangan kalian. Jangan sampai melewatkan kotak yang telah disediakan.
  1. Jangan lupa memeriksa kembali lembar jawaban yang sudah diisi dengan teliti sebelum dikumpulkan kepada petugas.

Semoga sukses menghadapi Ujian Nasional dengan hasil yang memuaskan yahh teman-teman

Artikel diambil dari http://agito-mangamaniac.blogspot.com/2010/03/cara-pengisian-ljk-yang-benar.html

Kapan sih Ujian Nasional 2013?

Image

Kurang lebih dua bulan lagi, Ujian Nasional (UN) akan diselenggarakan secara serempak di seluruh SMA/SMK di Indonesia. Namun, UN tahun 2013 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal utama yang paling membedakannya yaitu dijadikannya nilai UN sebagai salah satu indikator untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

 
Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mulai memberlakukan 20 variasi paket soal pada UN tahun 2013 ini. Sedangkan pada tahun sebelumnya, hanya berjumlah lima paket soal. Pemberlakuan 20 paket soal ini merupakan salah satu langkah antisipasi tindak kecurangan dalam pelaksanaan UN 2013.
 
Berikut jadwal UN untuk masing-masing satuan pendidikan seperti dirilis Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud.

Jadwal UN 2013 SD/MI 

Jadwal Latihan UN SD Tahap I : 21-23 Maret 2013
Jadwal Latihan UN SD Tahap II : 15-17 April 2013
Ujian Nasional SD Utama : 6-8 Mei 2013
Ujian Nasional SD susulan : 13-15 Mei 2013 

Jadwal UN 2013 SMP 

Jadwal Latihan UN SMP Tahap I : 21-23 Feb 2013
Jadwal Latihan UN SMP Tahap II : 18-20 Maret 2013
Ujian Nasional SMP Utama : 22-25 April 2013
Ujian Nasional SMP susulan : 29 April – 2 Mei 2013

Jadwal UN 2013 SMA/SMK 

Jadwal Latihan UN SMK tahap I : 21 – 23 Feb 2013
Jadwal Latihan UN SMK tahap II : 18-20 Mar 2013
Jadwal Latihan UN SMA Tahap I : 25-27 Feb 2013
Jadwal Latihan UN SMA Tahap II : 20-23 Maret 2013
Ujian Nasional  SMA/SMK Utama : 15 – 18 April 2013
Ujian Nasional  SMA/SMK susulan : 22 – 25 April 2013

Artikel diambil dari: okezone.com

 

Gimana sih proses pembuatan Pensil???

Proses pembuatan pensil – Sejak kecil bahkan sebelum kita memasuki dunia pedidikan dasar, atau bahkan sebelum masuk TK, kita sudah dikenalkan dengan pensil, orang tua kita memberikan pensil dan kertas / buku untuk kita corat-coret dan melatih otak kanan kita. Masih ingat gak kalian?

Seringkali kita menggunakan beberapa barang tanpa kepikiran bagaimana barang itu dibuat. Termasuk juga pensil yang sehari-hari kita gunakan. Yuk liat gimana proses pembuatan pensil?

Apa itu Pensil?

Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu.

Sejarah Pensil

Penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi. Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya “seperti timah” mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.

Tak lama kemudian, timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.

Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.

warna

Perkembangan Pensil

Selama bertahun-tahun, grafit Inggris memonopoli industri pembuatan pensil karena cukup murni untuk digunakan tanpa perlu diproses lagi. Karena grafit Eropa kurang bermutu, pabrik-pabrik pensil di sana bereksperimen dengan berbagai cara untuk memperbaiki isi pensil. Insinyur Prancis Nicolas-Jacques Conté mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, membentuk campuran itu menjadi batang-batang, dan membakarnya dalam perapian. Dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia bisa membuat isi pensil yang menghasilkan berbagai gradasi warna hitam—proses yang digunakan sampai sekarang.

Pada abad ke-19, pembuatan pensil menjadi bisnis besar. Grafit ditemukan di beberapa tempat, termasuk Siberia, Jerman, dan yang sekarang disebut Republik Ceko. Di Jerman dan kemudian di Amerika Serikat, sejumlah pabrik dibuka. Mekanisasi dan produksi massal menekan harga, dan pada awal abad ke-20, bahkan anak-anak sekolah menggunakan pensil.

Awalnya pensil grafit diberi balutan kertas yang dirobek sesuai keinginan pemakainya. Namun kemudian ditemukan cara lebih praktis dan efisien dengan menyelimuti seluruh batang grafit dengan dua bilah kayu yang ditoreh untuk menyediakan tempat bagi batang grafit dan kemudian disatukan.

faber-castell_castell_9000

Grafit murni mungkin lebih disukai seniman karena karakteristiknya yang lebih lugas. Namun untuk penggunaan sehari-hari, diperlukan grafit yang berkualitas lebih rendah agar lebih fleksibel. Pada tahun 1795, ahli kimia Perancis, Nicolas Jacques Conté, menemukan cara mencampur grafit dengan tanah liat agar dihasilkan pensil yang lebih baik dan praktis. Salah satu produk turunannya adalah pensil Konte.

Pada 30 Maret 1858 Hymen Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun kemudian paten ini dibatalkan dengan alasan sebanenarnya tidak ada penemuan hal baru dari pensil tersebut. Peraut mekanik ditemukan pada tahun 1880 dan dengan cepat menjadi sangat populer.

Pemrosesan Modern

Pensil di era modern dibuat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, dianginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus.

Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena keterbatasan mesin produksi. Namun di era modern, lebih banyak ditemui bentuk bulat yang lebih nyaman digenggam. Meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.

Karakteristik

Berbeda dengan pena, pensil cenderung memberikan kesan abu-abu dan warna yang lemah dan pecah dibandingan dengan pena yang memberikan warna yang padat dan tajam. Pensil juga lebih mudah dihapus dibandingkan pena.

faber-castell-53

Beberapa pensil disertai dengan penghapus untuk alasan kepraktisan. Pensil seperti ini sangat disukai pelajar. Namun kebanyakan seniman profesional yang mengutamakan mutu akan lebih menyukai pensil tanpa penghapus, mengingat penghapus ini diragukan mutunya dan frekuensi menghapus yang lebih besar akan membuat penghapus yang terlalu kecil akan cepat terbuang sia-sia.

Isu Kesehatan

Banyak sekali pengguna pensil yang tertipu dengan istilah lead pencil dan mengira bahwa jenis pensil ini mengandung bahan kimia beracun. Sebenarnya pensil timbal hanya mengandung grafit dan tanah liat, bahan alami persenyawaan karbon yang sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh.

Namun dilaporkan beberapa kasus bekas tusukan pensil timbal terhadap kulit menyebabkan bekas kehitaman yang menetap bertahun-tahun.

Pensil Modern

Pensil sekarang adalah alat tuilis dan gambar yang canggih sekaligus serbaguna, yang setiap tahun diproduksi di seluruh dunia hingga milliaran batang. Pensil biasa dapat membuat garis sepanjang 60 kilometer dan menulis 45.000 kata. Isi pensil mekanis, yang tangkainya dari logam atau plastik, tidak perlu diraut. Sebagai ganti grafit, pensil berwarna berisi bahan pewarna dan pigmen dalam puluhan warna.

Proses Pembuatan Pensil

Pensil terbuat dari penggabungan lembaran kayu yang sudah dicetak bentuk alur dengan isi pensil. Isi pensil disebut dengan leads. Leads untuk pensil warna merupakan campuran antara pigment (organic dan inorganic), Kaolin, Carboxy Methyl Cellulose, Wax dan Surfactant. Bahan-bahan tersebut harus dicampur, dan di bentuk sehingga menjadi bentuk leads yang sempurna. Leads tersebut lalu dipotong dengan ukuran pensil dan melewati proses pengeringan.

etelah Leads mengering, leads dimasukkan ke dalam dua lembaran kayu yang sudah dicetak dengan bentuk alur dengan tambahan lem perekat. Untuk memudahkan, imajinasikan proses pembuatan sandwich! Bayangkan roti sandwich adalah lembaran kayunya, sedangkan isi dari sandwich merupakan leads, lalu tambahkan sausnya yaitu lem perekat. “Sandwich” tersebut lalu di panaskan sehingga pensil tidak mudah patah.

Pensil lalu dipotong sesuai dengan ukurannya masing-masing, lalu di beri warna dan di beri logo Faber-Castell di badannya. Lalu, siap dikemas hingga menjadi produk yang dapat kamu pakai sekarang!

Pensil-pensil harus melalui proses pengecekan kualitas produk. Pengecekan kualitas tersebut antara lain:

  1. Tes Kekuatan Rekat Lem. Tes ini mengecek kuatnya lem yang menempel antara leads dengan kayu pensil. Hal ini mencegah agar leads tidak mudah merosot.
  2. Tes Kekuatan Leads. Tes ini mengukur kekuatan leads, sehingga leads tidak mudah patah.
  3. Dropping Test. Tes ini mengukur kekuatan leads jika dijatuhkan sejauh 130cm (ukuran meja normal).
  4. Test Warna. Tes ini mengecek keseragaman warna oleh pensil-pensil Faber-Castell diberbagai negara. Hal ini berkaitan dengan pabrik pembuatan pensil dilakukan di beberapa negara, sehingga perlu memperhatikan standarisasi warna, sehingga di negara manapun warna yang dihasilkan adalah sama.
  5. Tes Anti Racun. Tes ini membuktikan bahwa pensil-pensil yang dihasilkan tidaklah mengandung racun dan aman untuk digunakan oleh anak-anak. Alat yang digunakan untuk mengetes anti racun ini adalah Atomic Absorption Spectrophotometer(AAS).

Artikel diambil dari http://www.njengat.com/proses-pembuatan-pensil-video/

Persiapan Menghadapi Ujian

Untuk melakukan ujian dengan baik, kita harus mempelajari dan melakukan review materi terlebih dahulu sebelum ujian.

Berikut adalah beberapa teknik untuk memahami materi ujian dengan lebih baik:

Belajar – Pasca Belajar

  • Review catatanmu segera setelah kelas.
  • Review catatanmu dengan singkat sebelum masuk kelas kembali.
  • Jadwalkan waktu yang agak lama untuk review catatan tersebut setiap minggunya

Review

  • Atur catatan, teks dan tugas-tugasmu.
  • Perkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan review.
  • Buatlah jadwal review yang terdiri dari waktu dan bahan materi.
  • Ujilah dirimu sendiri dengan materi tersebut.
  • Selesaikan belajarmu sehari sebelum ujian dimulai.

Artikel diambil dari: http://www.studygs.net/indon/tstprp1.htm

Tips Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional

Menyongsong tahun yang baru, setiap orang pun memiliki resolusi. Satu yang pasti, kita berjanji untuk menjadi pribadi lebih baik di tahun yang baru. Demikian juga dalam kehidupan sekolah maupun perkuliahan.  Para siswa dan mahasiswa pun berniat untuk menyelesaikan pendidikan mereka dengan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kita pun harus mengevaluasi. Sudah efektifkah cara kita belajar?

Ada beberapa tips agar belajar menjadi efeketif saat menjelang ujian:

1. Buat jadwal
Buatlah jadwal yang jelas untuk kegiatan sehari-hari termasuk durasi di tiap kegiatan. Mulai dari bangun tidur, belajar, istirahat, makan, hingga tidur malam.
 
2. Tuliskan kembali
Menulis kembali catatan Anda adalah cara belajar terbaik, terutama bagi Anda yang merupakan pembelajar kinestetik. Mind mapping adalah cara paling efektif untuk belajar. Sebab, ketika Anda kembali menulis sesuatu, Anda akan berpikir tentang apa yang Anda tuliskan dan mengapa Anda menulis itu. Dengan menulis kembali, memori Anda kembali disegarkan. Oleh karena itu, bacalah catatan perkuliahan Anda satu bulan lalu dan tuliskan kembali materi yang Anda pelajari dan akan ke luar dalam ujian Anda. Sehingga ketika hari H Anda tidak lagi bingung harus menjawab pertanyaan tersebut.
 
3. Temukan jam belajar yang tepat
Jangan belajar ketika Anda dalam keadaan lelah. Lebih baik belajar selama dua jam satu hari daripada mencoba menjejalkan semua materi ujian hingga jam dua dini hari. Sebab, Anda justru tidak akan mengingat banyak hal dan cenderung berhenti sebelum mempelajari materi yang dibutuhkan.
 
4. Jangan belajar tergesa-gesa
Menjejalkan berbagai materi perkuliahan pada malam sebelum hari ujian terbukti tidak berguna, karena informasi yang Anda dapatkan sangat banyak sehingga tidak mungkin untuk dapat menghafal sama sekali. Belajar sebelum dan pergi di atasnya beberapa kali benar-benar adalah cara terbaik untuk mempelajari materi, apalagi materi seperti sejarah dan mata pelajaran yang berhubungan dengan teori.
 
5. Subyek studi
Cara belajar pun dipengaruhi oleh materi perkuliahan yang kita pelajari. Untuk mata kuliah yang bersifat teori Anda mungkin cukup membaca, memahami, ataupun menghafal buku pegangan maupun catatan Anda. Namun, untuk mata kuliah yang memiliki unsur hitungan, Anda perlu mengerjakan contoh kasus sehingga dapat membantu membuka pikiran Anda jika soal serupa dikeluarkan dalam ujian.
 
6. Lingkungan
Lingkungan tempat Anda belajar akan mempengaruhi efektivitas belajar tersebut. Setiap orang memiliki faktor pendukung berbeda dalam mempermudah mereka memahami materi ujian. Ada yang nyaman dengan belajar sambil ditemani musik favorit adapula yang mudah menyerap materi sambil makan.

Namun, perlu diingat, saat memilih musik sebagai pengiring belajar, pilihlah musik yang menenangkan. Jangan pula memilih lagu-lagu kesukaan yang justru membuat kita terus bernyanyi sepanjang waktu belajar.

Tanpa disadari, kebersihan lingkungan sekitar kita belajar ternyata dapat mempengaruhi efektivitas belajar. Maka, bersihkan terlebih dahulu lokasi kita belajar terutama dari benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian kita selama belajar.

7. Pencahayaan yang tepat
Belajar dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup akan membuat mata Anda tegang sehingga mengurangi konsenterasi dalam belajar. Statistik mengatakan, sebesar 75 persen belajar dan fokus yang lebih baik jika berada di ruang cerah dengan sedikit gangguan.
 
8. Televisi
TV merupakan gangguan saat kita akan belajar. Maka, jauhkan diri dari TV maupun bentuk godaan hiburan lainnya yang dapat mengganggu konseterasi kita dalam belajar.
 
9. Istirahat sejenak
Anda tetap memerlukan relaksasi ketika belajar. Untuk itu, ambillah jeda sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Namun, jangan terbuai istirahat terlalu lama sehingga lupa melanjutkan tujuan utama Anda.
 
10. Buatlah rencana
Selalu membuat rencana sebelum Anda mulai belajar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah Anda menyelesaikan materi-materi yang lebih mudah terlebih dulu sebelum berlanjut ke materi yang lebih sulit. Dengan demikian, Anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas pada pelajaran sulit tanpa mengeluh.
 
11. Review
Ketika Anda selesai mempelajari satu halaman catatan Anda, lakukan review atas apa yang telah Anda baca sebelum melanjutkan ke halaman berikut. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pada halaman tersebut untuk melihat apakah Anda sudah ingat apa yang baru saja Anda pelajari.
 
12. Minta bantuan
Ketika menemukan materi perkuliahan yang sulit kita pahami, mintalah bantuan kepada mereka yang lebih paham, seperti teman, orangtua, kakak, maupun sang dosen.
 
13. Hari H
Saat hari ujian, baca sekilas catatan Anda untuk menyegarkan informasi yang telah tersimpan dalam memori otak Anda.

Artikel diambil dari: kampus.okezone.com

 

Image

Mau SUKSES Menghadapi Ujian!!!

Image

Sebelum ujian

  1. Persiapkan fisik anda dengan baik, jaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat dan istirahat yg cukup.
  2. Lakukan persiapan mental, atur emosi agar tetap tenang,hindari perasaan tegang,cemas dan khawatir.
  3. Karena perasaan negatif tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat belajar maupun saat menghadapi ujian.
  4. Siapkan peralatan ujian dengan baik, gunakan pensil 2B untuk komputer,penghapus abu-abu khusus ujian.
  5. Rautan, pulpen (untuk mengisi data diri / soal essay jika ada ) dan papan acrylic untuk alas menulis sehingga LJK tidak rusak
  6. Agar tidak ketinggalan salah satu peralatan ujian, lebih baik membeli dalam 1 paket ujian (lebih praktis).
  7. 4 tips memilih pensil : pilih pensil dengan diameter leads (isi pensil) paling besar (2.8 mm) agar tidak mudah patah dan lebih cepat menghitamkan/menyilang LJK.
  8. Pilih pensil dengan pori-pori kayu paling padat à prinsipnya sama seperti tulang anda, semakin padat, semakin tidak mudah patah.
  9. Pilih pensil dengan hasil goresan mengkilat (agar dapat terbaca mesin scanner )
  10. Pilih pensil dengan posisi leads di tengah à agar tidak mudah patah saat menulis.
  11. Pensil yang tidak mudah patah akan menghemat banyak waktu saat ujian, karena tidak perlu meraut pensil terus menerus.
  12. Sebaiknya jangan menggunakan pensil mekanik, karena mekanisme pensil ini yang ringkih dan dapat merusak kertas LJK.
  13. Pilih penghapus yang bebas debu, sehingga tidak mengotori LJK.
  14. Potong penghapus menjadi kecil-kecil, agar saat menghapus, kolom sebelahnya yg sudah terisi tidak ikut terhapus.

Saat ujian

  1. Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda.
  2. Kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapih dan tidak boleh terlipat.
  3. Baca perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru.
  4. Kerjakan soal ujian mulai dari yg termudah, agar waktu anda tidak tersita berkutat dengan soal yg sulit.
  5. Pastikan penghitaman/penyilangan yg anda buat sudah benar, jangan sampai satu nomor terisi dua kali.
    1. sisihkan 5% dari total waktu untuk memeriksa kembali jawaban anda.
    2. cek kembali LJK anda, jangan sampai robek, basah / kotor.
    3. jangan menggunakan alas yg empuk (contoh : buku) untuk mengisi LJK, karena menyebabkan LJK timbul bintil-bintil dan tidak akan terbaca mesin scanner.

Setelah ujian

  1. Tutup dengan doa, ucapkan rasa terima kasih karena sudah membimbing anda selama proses ujian.

Merry Christmas and Happy New Year 2013

Merry Christmaskado natal

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.